RPJMD Kota Banjar Tahun 2009-2013

Posted by subid_perindagkop On November - 1 - 2010

Dalam rangka melaksanakan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah, BAB III Tahapan Rencana Pembangunan Daerah, Pasal 4 ayat (1), Pemerintah daerah wajib menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

RPJMD merupakan dokumen perencanaan strategis sebagai penjabaran visi, misi dan program kepala daerah selama kurun waktu 5 (lima) tahun yang penyusunannya berpedoman kepada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dan memperhatikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Provinsi.

Selama masa jabatan kepala daerah terpilih, RPJMD merupakan acuan dan pedoman dasar pembangunan yang ingin dicapai daerah berdasarkan visi, misi dan program kepala daerah. Program dan kegiatan yang direncanakan sesuai dengan kewenangan dan urusan pemerintahan yang diamanatkan oleh undang-undang dengan mempertimbangkan kemampuan daerah. RPJMD sebagai pedoman manajerial taktis strategis kepala daerah beserta perangkatnya dalam menyelenggarakan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat dan juga dijadikan tolok ukur Dewan Perwakilan Rakyat Daerah

(DPRD) dalam menilai pertanggungjawaban kepala daerah pada setiap akhir tahun anggaran dan pada akhir masa jabatan.

Berdasarkan perkembangan pembangunan Kota Banjar yang telah dilaksanakan dalam kurun waktu Tahun 2003 – 2008 telah memberikan hasil yang positif dalam berbagai segi kehidupan masyarakat. Namun demikian permasalahan pokok yang akan dihadapi pada lima tahun mendatang akan lebih berat dibanding tahun-tahun sebelumnya, seperti masih adanya pengangguran terbuka yang cukup signifikan jumlahnya, jumlah penduduk miskin meskipun ada penurunan tiap tahunnya maka lima tahun mendatang jumlah penduduk miskin secara kualitas diperkirakan akan bertambah dan hal ini harus terus dikurangi baik kualitas maupun kuantitasnya. Demikian pula masih rendahnya daya beli masyarakat merupakan permasalahan yang mendasar.

Untuk itu, tantangan dalam kurun waktu lima tahun ke depan, tidak hanya berorientasi pada peningkatan pertumbuhan ekonomi tetapi perlu didukung dengan pemerataan pembangunan, yang diiringi dengan penanggulangan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja.

Upaya penanganannya dilaksanakan dengan mempertimbangkan pendekatan sektoral dan kewilayahan perdusun, serta melibatkan partisipasi aktif dari pemangku kepentingan di Kota Banjar. Dalam rangka meningkatkan sinergitas, sinkronisasi dan integrasi segenap potensi di Kota Banjar tersebut, dibutuhkan sebuah rencana pembangunan yang dapat menjadi pedoman bagi seluruh pemangku kepentingan dalam memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah di Kota Banjar dalam kurun waktu 5 (lima) tahun ke depan. Sehubungan dengan hal tersebut, Pemerintah Kota Banjar menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Banjar Tahun 2009-2013.

RPJMD Kota Banjar berpedoman kepada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Banjar tahun 2005-2025  serta memperhatikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Provinsi Jawa Barat Tahun 2008-2013 dan untuk menjaga kesinambungan pelaksanaan pembangunan daerah, RPJMD Kota Banjar juga memperhatikan Rencana Strategis Pemerintah Kota Banjar 2003-2008.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Daerah Kota Banjar tahun 2009-2013 disusun berdasarkan sistematika sebagai berikut:

Bab I    PENDAHULUAN

Memuat latar belakang, maksud dan tujuan, landasan hukum, sistematika penyusunan, dan proses penyusunan RPJMD Kota Banjar Tahun 2009-2013.

Bab II   GAMBARAN UMUM DAN KONDISI DAERAH

Memuat evaluasi pembangunan daerah dan kondisi eksisting sampai dengan awal penyusunan RPJMD Kota Banjar Tahun 2009-2013 dalam setiap sektor pembangunan, tantangan yang akan dihadapi selama 5 tahun ke depan, isu strategis dan skenario serta asumsi pembangunan daerah 2009-2013.

Bab III  VISI DAN MISI

Menjelaskan visi dan misi Pemerintah Kota Banjar untuk kurun waktu 5 (lima) tahun ke depan, tujuan dan sasaran serta indikator kinerja setiap misi pembangunan.

Bab IV  STRATEGI PEMBANGUNAN DAERAH

Memuat dan menjelaskan arah kebijakan pembangunan daerah, program pembangunan daerah dan sasaran setiap program serta kebijakan kewilayahan sampai kebijakan pembangunan dusun terpadu.

Bab V   PENDANAAN DAERAH

Menjelaskan kebijakan keuangan daerah yang meliputi kebijakan pendapatan, belanja dan pembiayaan selama 5 (lima) tahun ke depan.

Bab VI  PEDOMAN TRANSISI DAN KAIDAH PELAKSANAAN

Menjelaskan pedoman transisi pada Tahun 2013 dan 2014, prinsip­prinsip dasar pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kota Banjar 2009-2013  serta kaidah pelaksanaannya.

Bab VII PENUTUP

(Link download menyusul)

2 Responses to “RPJMD Kota Banjar Tahun 2009-2013”

  1. izin meng copy tuk di kirem ke rekan..

Leave a Reply


Bappeda Kota Banjar
Jl. Batulawang No. 26 Kota Banjar - Jawa Barat
Tlp/Fax (0265) 745270
email : bapeda [at] banjar-jabar.go.id

Twitter